NAB HARIAN

Bulan Ramadan 2021, Simak Jadwal Imsakiyah Berikut

 

Jakarta, 13 April 2021 - Melalui sidang isbat yang digelar pada 12 April kemarin, Pemerintah menetapkan bahwa bulan suci ramadan akan dimulai pada 13 April 2021. Oleh sebab itu seluruh umat muslim di Indonesia akan berpuasa mulai hari ini.

Di Indonesia, ibadah puasa biasanya dijalankan sekira 12 hingga 13 jam. Selama waktu tersebut, kaum Muslimin tidak diperkenankan makan dan minum serta melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama Islam. Selama menunggu waktu yang cukup lama tersebut, bisa dimanfaatkan dengan kegiatan berfaedah. Jika sibuk, maka waktu berpuasa pun akan tidak terasa. Melansir dari okezone.com, berikut adalah 5 kegiatan yang dapat dilakukan selama berpuasa :

1. Tadarus Alquran

Selama menjalankan ibadah puasa, kaum Muslimin bisa meluangkan waktu sekira 30 menit setiap habis sholat untuk membaca atau tadarus kitab suci Alquran. Jadi, makin banyak halaman yang dibaca setiap harinya, maka makin cepat bisa mengkhatamkan Alquran di bulan Ramadhan.

Selain itu, waktu berpuasa jadi makin tidak terasa. Dibandingkan jika hanya melamun dan terus menatap jam dinding menuju waktu berbuka puasa pada azan Sholat Magrib.

 

2. Menyimak kajian Islam

Dari Abu Hurairah Radhiyallahu anhu, dia berkata: "Aku mendengar Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ´Apa saja yang aku larang terhadap kalian, maka jauhilah. Dan apa saja yang aku perintahkan kepada kalian, maka kerjakanlah semampu kalian. Sesungguhnya apa yang membinasakan umat sebelum kalian hanyalah karena mereka banyak bertanya dan menyelisihi Nabi-nabi mereka´." (Diriwayatkan oleh Al Bukhari dan Muslim)

Dari hadis tersebut dapat diambil pelajaran bahwa banyak orang yang masuk neraka karena tidak mengikuti perintah Nabi Muhammad Shallallahu alaihi wa sallam. Maka itu, seorang Muslim harus memperbanyak wawasan Islami seperti mendengarkan ceramah, sehingga mengerti apa saja yang benar dan yang salah dan terhindar dari jalan yang sesat.

 

3. Membersihkan rumah

Ibadah akan menjadi aman dan nyaman jika suasana lingkungan bersih. Lagipula, kebersihan merupakan sebagian dari iman. Nah, ini adalah kesempatan untuk membersihkan rumah.

Selain waktu berpuasa menjadi tidak terasa, rumah yang bersih tentunya akan mengalirkan udara yang lebih segar. Jadi, suasana berbuka puasa akan makin nyaman.

 

 

5. Ngabuburit

Nah, jika sore hari tiba, ini merupakan saat yang tepat untuk melakukan kegiatan yang hanya ada di bulan Ramadan, yakni ngabuburit. Ngabuburit berarti meluangkan waktu di sore hari sembari menunggu waktu berbuka. Ngabuburit tentunya harus yang bermanfaat untuk jasmani dan rohani. Jadi ketika azan Sholat Magrib tiba, Anda pun sudah siap berbuka puasa.

 

Itulah beberapa kegiatan berfaedah yang dapat dilakukan, Lantas bagaimana jadwal imsakiyah pada ramadan tahun ini ?

MNC Asset sudah merangkum jadwal imsakiyah untuk daerah DKI Jakarta dan sekitarnya berikut ini :